Contoh RPP Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Senin, 28 November 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

A.    IDENTITAS MATA PELAJARAN
Nama Sekolah    :  .................................
Mata Pelajaran    :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester   :  VII/I

B.     ALOKASI WAKTU
Waktu Pelaksanaan   :  
Waktu Pertemuan      :   1 x Pertemuan
Waktu Pelajaran        :   1 x 30 Menit

C.     STANDAR KOMPETENSI
Mempraktekan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

D.    KOMPETENSI DASAR
Mempraktekan teknik dasar salah satu permainan dan serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

E.     INDIKATOR PERENCANAAN
1.      Melakukan teknik cara memegang bet shakehands grip
2.      Melakukan teknik memukul bola cara forehand
3.      Menyebutkan bentuk bentuk memegang benda dan pukulan forehand
4.      Menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama toleransi, percaya diri, keberanian.

F.      TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Siswa dapat melakukan teknik memegag bed.
2.      Siswa dapat melakukan teknik memukul bola.
3.      Siswa dapat memyebutkan bentuk bentuk memegang bed dan pukulan forehand.
4.      Siswa dapat menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama toleransi, percaya diri keberanian menghargai lawan.

Karakter Yang di harapkan
-          Kerjasama
-          Toleransi
-          Percaya diri
-          Keberanian
-          Tanggung jawab

G.    MATERI PELAJARAN
Permainan Tenis Meja
1.      Tehnik memegang bed cara shakehand grip
2.      Teknik memukul bola cara forehand
3.      Variasi memegang bed dan memukul bola

H.    METODE PEMBELAJARAN
-          Kompetensi
-          Komando

I.       KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
Kegiatan Pembelajaran
Gambar
Waktu
Metode
1





































2


















































3
Kegiatan Awal
Persiapan guru
-          Guru mempersiapkan alat – alat yang menunjang pembelejaran.
-          Guru mempersiapkan untuk elaborasi siswa  siswa sehingga nantinya merespon dengan baik.

Kegiatan Pendahuluan
-          Guru menyiapkan siswa dengan berbaris 3 bersaf yang tinggi sebelah kanan di lanjutkan berhitung di mulai dari saf bagian depan
-          Guru memimpin doa sesuai denan agamanya
-          Guru membuka pelajaran untuk membuka pelajaran dengan membangkitkan motivasi peserta didik dan mengingat materi tentang tenis meja.

Peserta didik melakukan permainan kucing dengan bola.
Caranya :
Siswa dibentuk formasi melingkar pilih satu atau dua anak untuk menjadi kucing berusaha meraih bola sedang yang bentuk formasi melingkar waktu melempar ke atas seperti gerakan dalam memukul bola tenis meja yaitu dari samping dan atas

Kegiatan Inti
Siswa dikumpulkan untuk menerima materi selanjutnya
1.      Teknik dasar memegang bed Grip/Seperti berjabat tangan.
Caranya :
-          Jari manis dan jari kelingking memegang bangkai bed dan jari tengah ikut menempel.
-          Jari telunjuk di tempelkna dipermukaan belakang/backhand.
-          Ibu jari ditempelkan di permukaan depan (fore hand) bad dengan rileks dekat jari tengah.

2.      Teknik memukul bola cara fore hand
a.       Persiapan kaki
-          Kaki kiri diletakan di depan kaki dan kaki kanan di belakang untuk memukul dengan tangan kanan.
-          Condongkan badan ke depan dengan posisi lutut agak rendah.
b.      Tahap gerakan
-          Tarik bat ke samping agak belakang dengan kepala bat menghadap ke bawah lengan agak ke bawah dan pergelangan tangan lurus.
-          Saat bola membentur meja dan melambung, pukul bola dengan ayunan dengan ke depan atas hingga bat menggesek bagiaan belakang bola.
c.       Akhir Gerakan
-          Berat badan bertunpu pada kaki depan
-          Pinggang di putar ke depan hingga badan menghadap kea rah bola
-          Tangan yang digunakan memukul ke depan agak menyiilang badan

Kegiatan Akhir/Penutup
-          Siswa dikumpulkan dengan dibariskan kembali dan diberi peregangan yang dipimpin oleh guru
-          Guru dan murid membuat kesimpulan dari seluruh proses yang telah selesai
-          Refleksi dari guru dan peserta didik apa saja yang telah dicapai dan belum dicapai sesuai dengan tujuuan yang telah ditetapkan, dilanjutkan berdoa, selesai bubarkan kembali ke kelas.
















x x x x x x
x x x x x x
x x x x x x
@
x   : Siswa
@ :  Guru






 



x   : Siswa
@ :  Guru

























































x x x x x x
x x x x x x
x x x x x x
@
x   : Siswa
@ :  Guru





















5 Menit

















































Komando












Komando Kompetisi





















J.       ALAT DAN SUMBER BAHAN
a.       Alat
-          Peluit
-          Bola kecil
-          Bed
-          Lapangan
b.      Sumber bahan
-          Sodikin candra DKK (2010) Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Jakarta. CV. Putra Nugraha
-          Roji (2007) Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan kelas VII, Jakarta – Erlangga

K.    PENILAIAN
INDIKATOR KOMPETENSI
PENILAIAN

TEKNIK
BENTUK
INSTRUMEN
1.      Melakukan teknik cara memegang bet shakehands grip
2.      Melakukan teknik memukul bola cara forehand
3.      Mengetahui bentuk-bentuk memegang bet dan pukulan forehand
4.      Menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama toleransi percaya diri dan keberanian.
Non Tes






Non Tes
Tes Keterampilan
1.      Peraggaan teknik memegang bet dengan cara shake handgrip
2.      Peragakan teknik memukul (bola dengan cara forehand)
3.      Peragakan teknik memegang bet dan memukul (bola)
4.      Amatilah nilai-nilai yang tumbuh pada siswa.

L.     PENILAIAN PERFORMAN
No
ASPEK
KRITERIA
SKORE
1





















































2










3
Praktek









































Pengetahuan










Sikap
Teknik memegang bed dengan cara shake hand grip
-          Jari manis dan jari kelingkin memegang bet dan jari tengah tidak ikut menempel
-          Jari manis dan jari kelingking memegang tangkai bet dan jari tengah tidak ikut menempel.
-          Jari telunjuk tidak ditempelkan dipermukaan belakang bet
-          Ibu jari tidak dikumpulkan dipermukaan depan (forehand) dan tidak rilek dekat jari tengah.

Teknik memegang bola cara forhand
-          Kaki kiri diletakan di depan dan kaki kana di belakang untuk memukul dengan tangan kanan
-          Kaki kiri diletakkan di depan dan kaki kanan di belakang untuk memukul dengan tangan kanan
-          Tarik bet ke samping agak ke belakang dengan kepala bet menghadap ke bawah lengan tidak ke bawah dan pergelangan tangan lurus.
-          Tarik bet ke samping agak ke belakang dengan kepala bet menghadap ke bawah lengan tidak kebawah dan pergelangan tangan tidak lurus

Variasi memegang bet dan memukul bola
-          Melambung-lambungkan bola di atas bet di tempat.
-          Melambung-lambungkan bola di atas bet sambil berjalan.
-          Melambung-lambungkan bola tidak diatas bet.
-          Melambung-lambungkan bola tidak diatas bet tidak berjalan.

-          Siswa menyebutkan 2 cara memegang bet dalam teknik permainan tenis meja
-          Siswa menyebutkan 2 cara memukul bola dalam permainan tenis meja
-          Siswa menyebutkan 4 teknik permainan tenis meja
-          Siswa menyebutkan teknik dasar memukul bola.

Menumbuhkan dan membina nilai nilai pada siswa
-          Menumbuhkan dan membina nilai kerjasama toleransi percaya diri, keberanian menghargai lawan dan bersedia berbagai tempat dan peralatan
-          Menumbuhkan dan membina nilai kerjasama toleransi tidak percaya diri keberanian, menghargai lawan dan bersedia berbagai tempat dan peralatan
-          Menumbuhkan dan membina nilai kerjasama toleransi tidak percaya diri, keberanian, tidak menghargai lawan dan bersedia berbagai tempat dan peralatan
-          Menumbuhkan dan membina nilai egois, toleransi tidak percaya diri keberanian, tidak menghargai lawan dan bersedia berbagai tempat dan peralatan.


4 (100)


3 (75)


2 (50)

1 (25)




4 (100)


3 (75)

2 (50)




1 (25)







4 (100)

3 (75)

2 (50)

1 (25)


4 (100)


3 (75)


2 (50)

1 (25)




4 (100)




3 (75)




2 (50)




1 (25)









NILAI = Jumlah Score = Score max x 100
Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Peserta
Produk
Jumlah
Score
Praktek
Pengetahuan
Sikap
1
Tri Waluyo








Mengetahui
Instruktur



(......................................)
Surakarta , 15 November 2011
Peserta PLPG




(......................................)



0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Total Pageviews